Thursday 3 January 2013

Asal-usul Robot Hijau Android


Kalian pasti sudah tahu kan robot hijau yang digunakan sebagai maskot pada sistem operasi Android? Namun, apakah kalian tahu asal-usul dari maskot yang sekarang semakin terkenal dan hampir ada di berbagai media massa tersebut? Setelah sekian lama saya berkutat (ceile berkutat) mencari asal-usul gambar robot tersebut, akhirnya saya berhasil menemukan penampakan pertama kali dari si robot hijau.
Penampakan pertama dari robot ini terdapat pada salah satu game arcade buatan Atari berjudul Gauntlet: The Third Encounter. Entah sang pembuat maskot ini sadar atau tidak, atau mungkin dia adalah salah satu fans dari game lawas ini, memang ada banyak kemiripan bentuk antara maskot Android dengan salah satu tokoh dalam game ini yang bernama sama, yaitu Android. Sedikit informasi, game ini pernah muncul di era 90-an, namun tidak bertahan lama dan setelah itu menghilang.

Dalam Gauntlet: The Third Encounter terdapat beberapa karakter yang salah satunya bernama Android. Berbeda dengan karakter lainnya yang berwujud manusia, Android memiliki bentuk tubuh layaknya sebuah robot masa depan, berwarna abu-abu (bukan hijau) dengan dua antena di kepala. Kalau kita merubah robot tersebut dengan warna hijau dan memperjelas tampilannya, maka akan terlihat kemiripan antara Android versi Atari dan Android versi Google. Entah apakah pembuatan maskot Android ini benar-benar terinspirasi dari game tersebut, hanya Google dan Android sendiri yang tahu. :D 
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment